Berkaca Dari Kasus Pulomas, Ini 7 Tips Menghindari Perampokan Rumah

Dewasa ini, tindak kriminal memang tak mengenal tempat. Segala macam tindak kriminal bisa saja terjadi dimana pun, bahkan di dalam rumah yang sedang ramai penghuni seperti yang terjadi pada kasus Pulomas belum lama ini. kasus perampokan dan pembunuhan tak langsung yang menewaskan 6 orang ini memang sangat menggegerkan warga sekitar.

Pasalnya, rumah yang berpenghuni saja tak membuat perampok gentar untuk memasukinya, lalu bagaimana rumah yang sering ditinggal pemiliknya. Untuk itu, diharapkan untuk setiap orang agar selalu waspada dengan sekitar karena tindak kriminal bisa terjadi kapan saja. Dan berkaca dari kasus Pulomas ini, berikut kami berikan beberapa tips menghindari perampokan di rumah untuk membantu meningkatkan kewaspadaan anda.

1 ) Perkuat Jalur Masuk

tips menghindari perampokan di rumah yang pertama adalah dengan memperkuat jalur masuk seperti pintu dan jendela. Anda bisa memasang teralis pada setiap pintu masuk dan seluruh jendela di rumah. Hal ini bertujuan agar jalur masuk tidak mudah dibuka secara paksa. Selain itu, anda juga bisa memperkuat pintu masuk dengan menggunakan gembok tambahan atau pintu berkode sehingga keamanan pintu anda akan lebih kuat.

2 ) Pasang Sistem Keamanan

Kemudian memasang sistem keamanan juga merupakan salah satu tips menghindari perampokan di dalam rumah. Sistem keamanan rumah yang bisa anda gunakan bisa berupa CCTV atau alarm yang dapat berbunyi dalam kondisi yang berbahaya. Hal ini tentu sangat membantu dalam kondisi yang mendesak sehingga perampokan dapat dicegah. Jika menggunakan CCTV, letakkan di titik-titik strategis sehingga kondisi rumah bisa terpantau.

3 ) Gunakan Jasa Satpam

Selain menggunakan sistem keamanan seperti cctv dan alarm, anda juga bisa memanfaatkan jasa security atau satpam. Hal ini juga merupakan salah satu cara menghindari perampokan di rumah yang cukup efektif karena perampok tentunya akan berpikir dua kali untuk memasuki rumah yang dijaga oleh seorang petugas keamanan. Namun anda juga harus selektif dalam memilih security ini agar didapatkan security yang profesional dan dapat diandalkan. Anda bisa memilih security yang telah memiliki sertifikat resmi.

4 ) Rawat Kondisi Rumah

Tips menghindari perampokan yang selanjutnya adalah dengan merawat kondisi rumah. Jika ada beberapa komponen rumah terutama yang berhubungan dengan jalur masuk seperti pagar, pintu, jendela yang rusak atau mulai rapuh, segera perbaiki agar kondisinya tetap baik dan kuat. hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah rumah diterobos oleh perampok ataupun maling. Untuk itu, pastikan kondisi rumah selalu baik.

5 ) Perhatikan Lingkungan Rumah

Salah satu tips menghindari perampokan yang juga harus diperhatikan adalah memperhatikan lingkungan rumah anda sendiri. Jangan biarkan rumah anda tampak kotor dan tidak terawat. Hal ini bisa semakin memicu para perampok untuk lebih berani memasuki rumah anda karena mengira rumah yang tidak berpenghuni. Untuk itu, pastikan anda selalu membersihkan rumah dan jangan biarkan sampah berserakan karena pada beberapa kasus sampah bisa menjadi alat yang digunakan perampok sebagai kode pada temannya.

6 ) Terangi Rumah

Kemudian tips menghindari perampokan secara efektif juga bisa dilakukan dengan selalu menerangi rumah. Hal ini dilakukan agar rumah tampak berpenghuni sehingga bisa mengurangi resiko perampok masuk. Anda juga bisa menerapkan tips menghindari perampokan yang satu ini jika akan bepergian dalam waktu lama sehingga rumah selalu tampak berpenghuni.

7 ) Komunikasi Yang Baik Dengan Tetangga

Selain itu, tips menghindari perampokan yang tak kalah penting lagi adalah komunikasi yang baik dengan tetangga sekitar rumah. Anda bisa memberi tahu tetangga anda jika ingin pergi sehingga ada informasi yang tepat jika terjadi sesuatu.

Deskripsi: tips menghindari perampokan menjadi alternatif yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kewaspadaan di sekitar rumah