Simulasi KPR BCA, BRI, BNI dan Mandiri

Untuk Anda yang belum tahu bagaimana pengajuan KPR, simak ulasan mengenai simulasi KPR berikut. KPR merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh beberapa perbankan yang ada di Indonesia. Layanan ini merupakan layanan yang sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin memiliki rumah. Setiap bank memiliki ketentuan yang dapat berbeda-beda, tergantung dari kebijakan bank itu sendiri. Untuk membantu Anda yang ingin mengajukan pinjaman kredit rumah ini, silakan simak simulasi berikut ini. Walaupun bukan jumlah yang sebenarnya, setidaknya simulasi berikut dapat Anda manfaatkan untuk memperkirakan angsuran jika ingin mengambil KPR.

Simulasi KPR BCA

simulasi-kpr-1

Berikut adalah simulasi untuk KPR BCA yang mungkin dapat bermanfaat bagi Anda para nasabah bank BCA:

Harga rumah sekitar 100 juta rupiah, uang mukanya yaitu sebesar 30 persen dari harga rumah yaitu 30 juta rupiah. Sementara untuk lama atau jangka waktu pembayaran cicilan yaitu 3 tahun atau 36 bulan. Suku bunga efektif per tahunnya yaitu 9,25 persen, maka Plafon kredit atau pokok hutangnya yaitu 70 juta rupiah. Sementara cicilan per bulannya yaitu 2 juta 243 ribu rupiah yang harus Anda bayarkan per bulan selama 3 tahun.

Namun di awal Anda harus membayar uang muka sebesar 30 juta rupiah ditambah provisi sebesar 700 ribu rupiah dan administrasi sebesar 500 ribu rupiah. Total biaya awal yaitu sebesar 31 juta 200 ribu rupiah. Ini hanya simulasi KPR jika Anda mengajukan pinjaman kredit rumah di bank BCA.

Simulasi KPR BRI

simulasi-kpr-2

Untuk pengajuan KPR bank BRI, berikut adalah simulasinya:

Penghasilan Anda per bulannya yaitu 5 juta rupiah, sementara Anda ingin mengajukan KPR dengan jangka waktu 3 tahun. Suku bunga tahunannya sekitar 10 persen, maka maksimal plafonnya yaitu sekitar 46 juta 500 ribu rupiah. Sementara rumah yang dapat Anda beli yaitu sekitar 58 juta rupiah jika Anda mengambil KPR ini. Cicilan per bulannya yaitu sebesar 1,5 juta rupiah per bulan, untuk biaya provisi yaitu sebesar 465 ribu rupiah dan biaya administrasinya yaitu sekitar 50 ribu rupiah.

Simulasi KPR BNI

simulasi-kpr-3

Untuk simulasi pinjaman KPR dari bank BNI yaitu:

Jika Anda memiliki penghasilan 5 juta rupiah per bulan dan ingin mengajukan pinjaman dengan jangka waktu 36 bulan, suku bunga per tahunnya yaitu 9 persen. Maka maksimal kredit yang dapat Anda ambil yaitu sekitar 60 juta rupiah. Anda harus membayar cicilan per bulan sebesar 2 juta rupiah selama 36 bulan.

Simulasi KPR Mandiri

simulasi-kpr-4

Berikut adalah simulasi untuk KPR Mandiri:

Jika Anda memiliki penghasilan 5 juta rupiah, berikut adalah angsuran yang dapat Anda pilih. Untuk jangka waktu 12 bulan, Anda dapat mengangsur sebesar 1,5 juta rupiah per bulan dengan limit kredit sekitar 17 juta rupiah. Namun jika Anda ingin meminjam dengan limit kredit yang lebih besar misal sekitar 50 juta rupiah, maka pilih yang jangka waktunya 36 bulan atau 3 tahun. Total limit kreditnya bisa mencapai 46 juta rupiah dengan cicilan sebesar 1,5 juta rupiah.

Sebenarnya perhitungan dapat disesuaikan dari harga rumah atau dari penghasilan. Jadi Anda dapat menyesuaikan permohonan pinjaman sesuai dengan keinginan Anda. Perhitungan di atas, semuanya hanyalah simulasi sehingga perhitungan aslinya tidak harus sama. Yang paling penting, suku bunganya dapat berubah kapan saja. Apakah suku bunga turun atau naik, hal tersebut dapat terjadi kapan saja dan di perbankan mana saja. Demikian yang dapat disampaikan mengenai simulasi KPR di bank-bank yang ada di Indonesia.

Deskripsi: Simulasi KPR sangat bermanfaat sebagai contoh perhitungan biaya cicilan dan lain sebagainya. Simulasi hanyalah contoh dan bukanlah perhitungan yang sebenarnya.