Tips Membeli Laptop Bekas

barang second bukanlah barang rusak yang tidak bisa dijual. Banyak sekali barang second yang memiliki kualitas bagus. Akan tetapi, jika kalian ingin membeli barang-barang bekas, maka kalian harus meneliti ulang barang tersebut apalagi dengan barang elektronik khususnya laptop yang rawan cepat rusak karena pengaruh dari penggunaan si pemilik yang kurang berhati-hati. Oleh karena itu kalian perlu beberapa tips membeli laptop bekas agar tidak tertipu.

1 ) Teliti kondisi fisik

Memeriksa kondisi fisik pada laptop bekas adalah salah satu hal yang paling penting saat membeli barang elektronik, walaupun memang bukan hal yang bermasalah akan tetapi dari kondisi fisik laptop tersebut akan terlihat seberapa sering si empunya merawat laptopnya.

Akan tetapi hal ini jangan dijadikan acuan membeli barang bekas karena belum tentu fisik ok sistemnya mesinnya juga ok. Tips membeli laptop yang satu ini sebenarnya untuk mengecek tampilan laptop itu sendiri dan dari pemilik laptop tersebut. kesan yang ditampilkan dari laptop tersebut bisa memberikan point tambahan untuk membeli laptop bekas.

2 ) Periksa kelengkapannya

 

 

Tips membeli laptop bekas selanjutnya adalah dengan memeriksa kelengkapan dari laptop tersebut. kelengkapan yang dimaksud adalah dos, nota pembelian, kartu garansi, CD/DVD driver, charger, baterai dll. Pada umumnya, semakin banyak kelengkapan pada laptop bekas tersebut maka semakin banyak baik pula nilai laptop yang akan anda beli. Tips membeli laptop bekas ini juga bisa menjadi salah satu bukti bahwa laptop tersebut bukan barang curian.

3 ) Periksa segel di casing laptopnya

Tips membeli laptop bekas yang ketiga adalah dengan memeriksa segel yang terdapat pada laptop. stiker dan juga segel yang biasanya terdapat pada casing bawah dan juga bagian depan layar laptop yang dipasang oleh supplier atau distributor laptop tersebut. Fungsi stiker itu untuk memastikan bahwa pembeli tidak membuka laptop yang masih bergaransi saat ia membelinya.

Tugas anda memeriksa segel tersebut adalah untuk memastikan apakah laptop tersebut sudah pernah diservis atau belum. Sebenarnya dalam kasus ini biasanya yang sering dicek adalah bagian mainboardnya. Apabila sudah sering diservice pada bagian tersebut maka laptop tersebut tidak dalam kondisi yang baik.

4 ) Cek fungsi dan performa

Cara memastikan laptop bekas yang baik dan tidak adalah dengan cara mengecek fungsi dan juga performanya. Kalian harus memperhatikan dengan betul dengan komponen-komponen atau fungsi-fungsi dari laptop bekas tersebut. Misal saja cek keyboardnya satu persatu agar anda yakin semua komponen pada keyboard tersebut berfungsi dengan baik. Kemudian port USB dan juga DVD -ROM, Webcam, baterai dan juga speaker. Tips membeli laptop bekas yang ini akan membantu anda untuk mendapatkan laptop bekas berkualitas.

5 ) Cek harga pasar

Tips membeli laptop bekas yang terakhir adalah dengan mengecek harga sebelum anda membelinya. Hal ini dilakukan agar anda tidak tertipu dengan harga yang ditawarkan oleh si empunya yang biasanya dijual melebihi harga pasaran laptop bekas. Ini adalah salah satu cara untuk mengecek laptop bekas dengan harga yang sesuai.

Nah seperti itulah tips membeli laptop bekas yang bisa saya informasikan kepada anda. Memperhatikan beberapa kondisi untuk memastikan kualitas laptop bekas yang anda beli sehingga anda tidak kecewa dengan laptop tersebut. semoga tips ini bisa membantu anda dalam membeli laptop bekas.