sayuran hidroponik

Menanam Sendiri Sayuran Hidroponik di Rumah

Menanam sendiri sayuran hidroponik di rumah sebenarnya bukan sesuatu hal yang sulit. Asalkan ada waktu dan kemauan tentu saja hal ini bisa dilakukan. Memang ada beberapa hal yang harus dilakukan bila bertekad untuk menanam tanaman hidroponik di sekitar rumah. Tentunya hal ini penting untuk diketahui, terutama bagi yang masih pemula dan belum pernah mencoba melakukan hal tersebut sebelumnya. Bagi yang tertarik ingin tahu lebih lanjut bagaimana langkah dan caranya, termasuk apa saja yang harus disiapkan, berikut ini beberapa informasi menarik tentang menanam sendiri sayuran hidroponik di rumah.

Persiapan Menanam Sendiri Sayuran Hidroponik

Ada beberapa persiapan yang memang dibutuhkan untuk melakukan penanaman sayuran hidroponik. Terutama jika dilakukan di pekarangan rumah sendiri yang umumnya terbatas lahannya. Pertama sebaiknya siapkan media yang sesuai. Banyak pemula menggunakan paralon bertingkat sebagai alternatif yang paling mudah. Opsi ini bisa dipilih supaya jauh lebih hemat. Kemudian pastikan memilih jenis tanaman yang sesuai dengan tempat yang tersedia. Contohnya memilih sayuran yang tumbuh pendek jika memiliki lahan yang terbatas. Jangan lupa juga memastikan cara penanaman yang tepat supaya nantinya berhasil melakukan proses penanaman.

Jenis Sayuran

Bagi yang belum pernah menanam sendiri sayuran hidroponik di rumah, informasi yang cukup penting untuk diperoleh tentu apa saja jenis sayuran yang cocok dijadikan pilihan. Tentunya ada beberapa jenis yang bisa kita pilih, mulai dari yang paling mudah yaitu budidaya sayuran hidroponik seperti selada, bayam, ataupun pakcoy. Jenis ini tidak banyak memakan tempat namun dapat dipanen dengan cepat. Sehingga lebih cocok dijadikan pilihan untuk bercocok tanam di pekarangan rumah.

Manfaat Sayuran Hidroponik

Menanam sayuran mungkin bagi sebagian orang merupakan sekedar hobi untuk mengisi waktu luang. Namun seiring perkembangan jaman, ternyata tanaman hidroponik memberikan banyak manfaat yang berlimpah. Secara umum ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika memutuskan untuk menanam sendiri jenis sayuran tersebut. Yang pertama yaitu mendapatkan jenis sayuran sehat tanpa pengawet dan bahan kimia. Lebih hebatnya lagi jika menanam sendiri tentu sayuran yang ditanam bebas pestisida.

Manfaat berikut yang bisa didapatkan yaitu kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam sayuran itu sendiri. Bahkan beberapa jenis mengandung anti oksidan yang cukup tinggi. Hal inilah yang menarik untuk mengonsumsi jenis sayuran yang lebih sehat tersebut. Bahkan sebagian dipercaya bisa membantu mencegah serta menyembuhkan penyakit yang berbahaya. Oleh sebab itu pilihan menanam sayuran sendiri tentu merupakan pilihan baik yang sangat tepat.

Perawatan Berkala

Hal terakhir yang cukup penting dan memerlukan perhatian yaitu bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk merawat secara berkala. Semua tanaman tentu membutuhkan perawatan yang cukup. Demikian halnya juga dengan tanaman hidroponik yang memang membutuhkan perawatan lebih lanjut. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mencari jenis pupuk yang paling cocok dan tidak lupa untuk menyiram air dengan teratur. Sehingga nantinya sayuran tumbuh subur sesuai harapan.

Itulah beberapa informasi menarik yang berkaitan dengan menanam sendiri sayuran hidroponik di rumah. Sebaiknya jika memang benar-benar baru pertama kali mencoba, carilah referensi sebanyak mungkin tentang persiapan hingga cara melakukan dan perawatannya. Tujuannya supaya nantinya tanaman yang telah ditanam dapat tumbuh  subur dan dipanen sesuai harapan. Tentunya mengonsumsi sayuran yang ditanam sendiri akan jauh lebih baik dan sehat daripada berbagai macam sayuran yang ada di pasar tradisional ataupun pasar moderen. Selamat mencobanya.